Super Visi Kesiapan Dokumen Pembelajaran Oleh Pengawas SD Kecamatan Bungatan

Dalam setiap kegiatan tidak lepas dari yang namanya Persiapan. Suatu rencana atau rancangan kegiatan akan terlaksana sesuai dengan ekspektasi jika Persiapan dilakukan sebelumnya. Begitupun dalam proses pembelajaran di sekolah. Setiap pelaksanaan kegiatan pembelajaran wajib disertai Persiapan Mengajar serta dokumen pendukung pembelajaran. 

Perubahan drastis disegala bidang terjadi sejak munculnya Covid-19 di Indonesia. Termasuk Bidang Pendidikan terdampak dahsyat sekali. Kenapa demikian?. Pembelajaran sebelum masa Covid-19 dilakukan secara bertatap muka dan normal seperti layaknya kita belajar bersama teman kepada seorang guru. Ini beda saat Pandemi muncul. Hal ini banyak menimbulkan reaksi dari kalangan pemerhati Pendidikan. Pemerintah mengeluarkan regulasi, bahwa seluruh bentuk Kegiatan Pembelajaran secara Tatap Muka dihentikan dan digantikan dengan Kegiatan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring). Secara langsung ini merubah kesiapan dan persiapan Guru dalam membuat dan menyiapkan Materi dan teknis Pembelajaran.

Pengawas SD Kecamatan Bungatan kembali melakukan Tugas Rutin, namun yang kali berbeda dengan tugas rutin sebelumnya. Perangkat dan instrumen pembelajaran dipaksa disesuaikan dengan keadaan saat ini. Yaitu seluruh Perangkat Pembelajaran disesuaikan dengan Pandemi Covid-19. sebab dalam waktu dekat Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Situbondo akan segera dilaksanakan. SD Negeri 2 Bungatan sebagai Sekolah Inti menjadi sasaran pertama mereka dalam melakukan Super Visi di Masa Pandemi Covid-19. 

Tanggal 28 Januari 2021 Tim Pengawas SD Kecamatan Bungatan melakukan Pembinaan kepada Kepala Sekolah beserta Guru. Seluruh unsur yang berkaitan dengan Perangkat Pembelajaran mereka teliti dan telaah bersama. Hal ini dilakukan demi efisiensi dan efektifitas pelaksanaan pembelajaran di masa Pandemi Covid-19 yang nantinya akan berpengaruh dengan kelancaran dalam proses pembelajaran dan kesuksesan dalam hasil pembelajaran. Bapak Fathor Rasid, M. Pd Sebagai Ketua Koordinator Bidang Pendidikan Kecamatan Bungatan mengatakan dalam sambutannya, "Kedatangan kami adalah untuk menjalankan tugas rutin, selain itu juga ingin mengawal Instruksi Bapak Wakil Bupati Ir. H. Yoyok Mulyadi, M. Si Nomor 1 Tahun 2021 Tentang dukungan terhadap pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat untuk pengendalian penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Untuk itu kepada rekan-rekan guru SD Negeri 2 Bungatan kerja sama yang baik sangatlah kami harapkan di sini. Dan lagi keberadaan Saya saat ini merupakan reuni, sebab saya besar di sini, Sudah seperti keluarga sendiri." Imbuhnya. 

Kepala SD Negeri 2 Bungatan "berterima kasih atas binaan dan bimbingan kepada seluruh Pendidik di SD Negeri 2 Bungatan. Merupakan bentuk apresiasi besar bagi dunia pendidikan, khususnya di Bungatan. Dalam masa-masa mendatang kami sangat memerlukan kegiatan Super Visi ini." Semoga kerja sama ini terus terjalin harmonis dan terus bersinergi.